Demonologi Islam Salah Satu Bentuk Invasi Pemikiran Barat Terhadap Kaum Muslimin (1)

KotaSantri.com : Demonologi (demonology) secara etimologis adalah the study of demons or evil spirits atau secara terminologis merujuk kepada suatu perekayasaan sistematis untuk menempatkan sesuatu agar ia dipandang sebagai ancaman yang menakutkan. Dalam ilmu komunikasi termasuk dalam teori-penjulukan (labelling theory), yang bisa direkayasa menjadi public opinion sedemikian hebat sehingga korban misinterpretasi menjadi hancur reputasinya dan tak mampu bertahan.

Dalam kaitannya dengan Islam, maka demonologi adalah sebuah perekayasaan sistematis oleh dunia Barat untuk menempatkan Islam dan ummatnya (yang tidak disukai Barat, pen) agar dipandang sebagai bahaya, jahat, kejam sehingga menjadi ancaman yang sangat menakutkan. Diantara label tersebut seperti 'pemelintiran' istilah Islamic fundamentalism, Islamic terrorism, Islamic bomb, green menace, dan lain-lain sehingga menimbulkan Islamophobia dari masyarakat Barat dan sebagian kaum muslimin terhadap Islam dan menghambat the revival of Islam di berbagai belahan dunia Islam saat ini.

Noam Chomsky dalam bukunya berjudul "AS Memanfaatkan Terorisme sebagai Instrumen Kebijakannya", menyatakan bahwa obyek utama demonologi adalah :

1) Organisasi/kelompok-kelompok muslim yang paling besar pengaruhnya dalam menggerakkan kebangkitan ummat abad ini, seperti antara lain Ikhwanul Muslimin di Mesir, Front Islamique du Salut (FIS) di Aljazair, Harakah al Muqawwamah al-Islamiyyah (HAMAS) di Palestina, dan lain-lain.

2) Pemerintahan/negara Islam yang berani menentang hegemoni Barat, seperti Hasan al-Basyir (Sudan), Milisi Thaliban (Afghanistan), Zia ul-Haq (Pakistan), Muammar Qaddafi (Libya), Khomeini (Iran), Saddam Husein (Iraq), dan lain-lain.

3) Para aktifis muslim yang berani menentang kezaliman Barat seperti Syaikh Ahmad Yasin (Palestina), DR. Hasan at-Turabi (Sudan), Osama ben Laden (Saudi Arabia), Abdalla 'Apo' Ocalan (Kurdi Turki), Syekh Omar Abdul Rahman (Mesir). (Nabiel fuad Al-Musawa)

Diinspirasi dari Buku DEMONOLOGI ISLAM (terbitan GIP), disampaikan pada acara bedah buku oleh Gerakan Pemuda Islam (GPI) Cianjur, 29 April 2001.

*) Serial INVASI-PEMIKIRAN : Demonologi Islam (I)



Post a Comment

© terjeru.co. All rights reserved. Premium By Raushan Design